Intip Gaya Penulisan Pemenang BRI Blogging Competition 2022


Terima kasih ya sudah berkenan mampir di blog ini 😊

Beberapa waktu lalu, saya mengikuti lomba blog yang diadakan oleh BRI dalam rangka mengampanyekan pentingnya literasi keuangan dan meningkatkan kesadaran tentang kejahatan siber. Kompetisi sudah berakhir dan pengumuman pemenang sudah di-release. Karena ada dua kategori, daftar pemenang juga dibagi jadi dua kategori, yaitu kategori mahasiswa dan umum. Alhamdulillahnya, judul artikel saya terselip di salah satu list kategori mahasiswa yang dapat hadiah hiburan. Apakah senang? Tentunya hehe… Reward yang bermakna untuk pemula seperti saya. Btw, jika Teman-teman tertarik baca artikelnya, silakan klik 6 Tips Jitu Jadi Generasi Kekinian yang Melek Literasi Keuangan

Kembali ke pengumuman pemenang lomba tadi. Saya langsung kepo dan mencari nama pemenang juara 1, 2, dan 3 dari kategori mahasiswa dan umum. Sebenarnya, seberapa bagus sih tulisan mereka? Bagaimana mereka bisa menang juara 1, 2, 3? Apa daya tarik yang mereka kemas dengan kreatif? Saya kemudian membaca tulisan mereka dan menemukan beberapa hal ini. 


1. Gaya storytelling yang mereka pakai bikin pembaca nyaman 

Saya bandingkan artikel-artikel mereka dan voila… mereka pakai gaya penceritaan yang santai dan bikin pembaca seolah tidak membaca sebuah artikel berat. Saya yang biasanya (dituntut) nulis makalah dan artikel berbau ilmiah, seketika langsung nyaman dengan gaya storytelling mereka. Dari kenyamanan yang saya dapat itu, saya bisa membaca artikel mereka sampai habis. Poin yang saya dapat adalah mereka berhasil buat pembaca betah di blog mereka karena gaya storytelling yang buat nyaman. 


2. Informasi yang ditampilkan pasti disertai data dan fakta 

Karena tulisan yang dikompetisikan memuat informasi edukasi, data dan fakta memegang peran penting. Hasil survei dan paparan data sejenis selalu ditampilkan oleh mereka yang berhasil menjadi juara 1, 2, dan 3. Mereka bisa menyajikan dengan tampilan menarik, seperti menyisipkan diagram pie. 


3. Tipografi tulisan dan tata letak gambar sungguh enak dipandang 

Saya salut dengan para pemenang 1, 2, 3 karena tampilan tulisannya yang eyecatching dan sangat terlihat profesional. Mereka sangat maksimal dalam memanfaatkan fitur heading dan subheading. Pemilihan ukuran font dan warna juga terlihat harmonis. Gambar-gambarnya juga banyak dan mampu mewakili maksud yang ingin disampaikan penulis. Tak hanya gambar, mereka bahkan menyisipkan animasi video yang memang sudah pasti akan menambah poin menarik. 


4. Informasi yang disajikan sudah paket komplet

Artikel apa yang kira-kira akan kita baca? Pastinya yang berisi informasi lengkap, kan. Nah, para pemenang ini memuat informasi yang rinci dan memuat detail yang diperlukan oleh pembaca. Mereka tak hanya menyajikan tips agar terhindar dari kejahatan siber, tapi juga macam-macam bentuk kejahatannya, lalu ada juga pengalaman nyata saat hampir kena penipuan. Data yang disajikan juga sangat lengkap. Tak lupa juga, karena kompetisi ini diadakan oleh BRI, para pemenang mampu mem-branding BRI dengan baik ketika menjelaskan tentang pentingnya literasi digital keuangan. Angkat topi deh untuk para pemenang 1, 2, 3! 


Sungguh menarik bisa menguliti tulisan para pemenang BRI Blogging Competition 2022. Walaupun saya belum bisa menguliti sampai ke akarnya, paling tidak bisa “mencuri” pola tulisan mereka hingga bisa jadi pemenang. Semoga empat poin di atas tadi bisa menambah insight Teman-teman juga ya saat ingin ikut lomba blog😊 

Btw, kompetisi blog merupakan kompetisi yang bisa memberikan double bahkan triple manfaat. Selain membantu branding BRI, kompetisi ini bisa jadi ajang menyebarluaskan informasi secara masif. Tak terhitung berapa banyaknya peserta yang ikut lomba ini. Tak terhitung pula berapa banyak blog yang sudah mengedukasi topik literasi digital keuangan. Saat menyambangi akun Twitter penyelenggara lomba, saya salut dengan peserta yang mengutarakan kesannya di kolom komentar. Ia bilang, meskipun belum berkesempatan menang, ia senang karena bisa menyebarkan informasi tentang bahayanya kejahatan siber. 

Mengesankan memang. 

Lalu, apakah kamu tertarik ikut lomba blog juga? 


Sumber gambar: 

pixabay.com 


Post a Comment

0 Comments