Omah UGM dan Natan Bookshop: Pesona Kotagede yang Kental Nilai Budaya

Selain dikenal sebagai Kota Pelajar, Jogja juga dikenal sebagai daerah yang kental budaya. Salah satu daerah yang wajib dikunjungi oleh wisatawan luar kota adalah Kotagede. Setelah sekian lama pengen banget menyusuri Kotagede, beberapa waktu lalu saya kesampaian untuk menyusuri sudut Kotagede yang kental nilai budaya bersama Garin. 
 
Ada tiga tempat yang kami kunjungi kemarin. Kira-kira mana yang paling menarik dan berkesan? 

1. Omah UGM 

Omah UGM

Dapur di Omah UGM

Tempat ini adalah yang paling berkesan untuk saya. Bagaimana tidak, saya baru tahu kalau di Kotagede ada sebuah rumah yang sangat estetik, tenang, dan kental nilai tradisionalnya. Saat masuk wisata ini, pengunjung hanya perlu membayar Rp10.000 per orang. Pengunjung diminta mengisi buku tamu juga.
Mirror selfie


Suasana teras di Omah UGM

 
Setelah masuk Omah UGM, saya terkesima dengan banyaknya peralatan dan perabot rumah tangga zaman dahulu. Selain itu, bangunannya juga unik dan estetik, cocok sekali untuk foto-foto. Kita bisa melihat surat-surat zaman dahulu, dekor ruangan khas tradisional, dan teras rumah yang nyaman dan tenang. 

Saat berkesempatan bertemu penjaga/seorang ibu yang merawat Omah UGM, Beliau menjelaskan jika tempat tersebut sudah sering dipakai juga untuk reuni dan spot foto pra-wedding. Bagi Teman-teman yang ingin menyusuri Omah UGM lebih dalam, silakan datang ke sini! Rute perjalanannya juga cukup nyaman dilalui. 

2. Natan Bookshop

Toko Buku Nathan

Tempat baca buku dan kafe di Nathan


Wisata selanjutnya, Natan Bookshop. Sungguh senang saat saya bisa ke Natan, toko buku estetik yang sering lewat di fyp akun IG saya. Wahhh, pas ke sana merasa surprise sekali! Saat masuk ke ruangan, saya merasa seperti di toko buku bernuansa vintage yang siap memanjakan mata pengunjung. 

Memang, kalau dari koleksi buku tidak selengkap Gramedia atau toko buku besar yang lain, tetapi Natan ini mengoleksi buku-buku yang akan sangat langka ditemui di pasaran. Sebagai contoh, kalau kalian mencari buku babon versi English, Natan punya itu! Oiya, selain tempatnya yang khas sekali, Natan juga punya kafe yang tempat duduknya tak kalah estetik lho. 


Itulah 2 tempat yang bisa kalian jadikan destinasi wisata saat ke Jogja. Selamat menyusuri kentalnya nilai budaya di Kotagede! 


Post a Comment for "Omah UGM dan Natan Bookshop: Pesona Kotagede yang Kental Nilai Budaya "