Nostalgia PKM dengan Jadi Guru Pembimbing di OPSI SMP


Menjadi pendidik adalah cita-cita saya sejak kecil. Saat ada kesempatan untuk menjadi guru di sekolah swasta milik Yayasan Al Azhar Yogyakarta, saya jadikan momen tsb sebagai peluang untuk belajar dan mengaktualisasikan diri.

Tak bisa dimungkiri, fasilitas pendidikan di sekolah swasta ini lebih lengkap dari yang saya kira. Alhamdulillah, ruang untuk berkarya juga sangat luas. Salah satu peluang yang saya nikmati adalah mengembangkan daya kritis dan kemampuan analitis dalam mencipta karya ilmiah.

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) adalah jawabannya. Seperti layaknya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) kalau di tingkat universitas, OPSI tingkat SMP ini juga memiliki banyak kemiripan. Proses penggalian ide dan pembuatan proposal mengingatkan saya ketika mengikuti PKM beberapa tahun lalu. Nostalgia rasanya.

Bedanya, di OPSI saya menjadi guru pembimbing. Kesempatan yang menyenangkan & membelajarkan. Alhamdulillah.

Judul yang tim kami angkat adalah pengembangan e-comic sebagai edukasi anti-bullying. Hal ini dilatarbelakangi isu bullying yang masih kerap terjadi di sekolah. Semoga penelitian kami ini diberikan kelancaran dan bisa membawa manfaat untuk tim kami dan orang-orang di sekitar. Aamiin Ya Rabb. 

Post a Comment

0 Comments