Download GRATIS Buku Pengayaan Mahir Menulis Teks Nonfiksi dengan Strategi PLEASE



Halo, Para Pendidik! 

Terima kasih sudah mampir di tulisan ini. InsyaAllah, saya akan mengunggah e-book yang sekiranya dapat dibagikan untuk umum. Agar lebih mudah, Teman-teman bisa klik menu "Download" yang ada di blog ini. 

Kali ini, saya akan berbagi link download buku yang pernah saya buat saat kuliah S-2 di UNY. Buku ini merupakan buku pengayaan untuk guru saat ingin mengajarkan siswanya menulis teks nonfiksi. Strategi yang saya pakai adalah PLEASE (Pick, Evaluate, Activate, Supply, End). 

Siswa juga dapat menggunakan buku pengayaan ini sebagai pendamping buku teks yang ada di sekolah. Buku pengayaan ini dapat siswa manfaatkan untuk lebih memahami konsep dan cara membuat teks nonsastra/nonfiksi.

Buku pengayaan ini terdiri dari lima unit. Setiap unit membahas terkait satu teks nonfiksi yang ada di jenjang SMP/MTs kelas VII. Pada setiap unit, siswa akan mempelajari konsep dasar tentang sebuah teks. Setelah itu, Ananda akan dituntun untuk praktik menulis sebuah teks dengan Strategi PLEASE. Welch (1992) mengungkapkan jika Strategi PLEASE ialah strategi metakognitif yang dapat digunakan untuk membantu siswa menulis paragraf. Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan perencanaan prapenulisan, komposisi, dan revisi paragraf. Strategi PLEASE menggunakan mnemonic huruf pertama yang memberi isyarat kepada siswa tentang cara menyelesaikan tes menulis secara mandiri. 

Berikut ini link download buku pengayaan tsb. 

http://tiny.cc/BukuPengayaanMenulis 


Post a Comment

0 Comments