Dapat Hibah Buku Gratis? Intip Caranya, Yuk!



Halo, Teman-teman.

Apakah kalian ingin melengkapi koleksi buku untuk taman baca di desa/perpustakaan sekolah? Kebetulan sekali, beberapa waktu lalu sekolah saya sudah beberapa kali pengajuan hibah buku ke beberapa perpustakaan dan penerbit. Alhamdulillah ada beberapa yang di-ACC!

Untuk langkah-langkahnya, baca artikel ini sampai habis, yah.

1. Buat surat pengantar dan proposal pengajuan hibah buku

Karena ditujukan ke sebuah instansi, kita wajib membuat proposal yang ditujukan ke instansi tersebut. Isi proposal minimal memuat latar belakang, informasi taman baca/perpustakaan kita, struktur organisasi, kegiatan literasi yang dijalankan, dan jenis-jenis buku yang diharapkan. Oh iya, jangan lupa cantumkan lembar pengesahan di bagian depan (setelah cover). Lalu, jangan lupa buat surat pengantar resmi juga ya yang sudah jelas akan ditujukan ke mana.

2. Kirim surat pengantar dan proposal ke instansi terkait

Nah, selanjutnya adalah mengirim berkas poin 1 ke instansi yang dituju. Pengiriman bisa dilakukan secara langsung atau via pos. Namun, lebih disarankan secara langsung datang ke instansi tersebut untuk menemui bagian humas. Atau paling tidak, kita bisa bertemu pegawai layanan di front office untuk mendapatkan arahan selanjutnya.

Jangan lupa, setelah memberikan berkas tadi, kita wajib meninggalkan nomor kontak. Kalau perlu, kita minta nomor kontak mereka juga hehe.

Oiya, untuk yang bertempat tinggal di Jogja, saya ada beberapa saran instansi yang bisa dijadikan referensi untuk tujuan pengajuan hibah buku.

• Perpustakaan daerah di kabupaten masing-masing sesuai domisili

• Perpustakaan Kota Jogja

• Perpustakaan Grha Tama

• Penerbit Diva Press

• Penerbit Bentang Pustaka

• Penerbit Gramedia

• Penerbit Deepublish

• Penerbit Anak Hebat Indonesia

• Penerbit Yudhistira

3. Jika proposal di-ACC, kalian akan dihubungi untuk proses pengambilan buku tsb

Itulah secuplik langkah-langkah pengajuan proposal hibah buku. Alhamdulillah, sekolah saya kemarin mendapatkan info beberapa proposal yang di-ACC. Buku yang didapat juga sangat lumayan, mayoritas memberi buku sekerdus (ada buku baru, ada buku yang sudah dipakai tapi masih dalam kondisi sangat baik).

Jika Teman-teman ada yang ingin mencari contoh proposal pengajuan hibah buku, kalian bisa searching di google karena ada banyak variasinya. Namun, jika ingin melihat contoh proposal dari saya, silakan hubungi melalui kontak di blog ini/DM Instagram @irtifassina.

Sampai jumpa di tulisan-tulisan berikutnya! 


Sumber gambar: pixabay.com 

Post a Comment

0 Comments