Wisata Alam ke Kulonprogo dan Dieng: Liburan Cara Aku dan Ibu Bareng Traveloka


Siapa nih yang suka refreshing buat ngilangin rasa penat?

Bagi beberapa orang, refreshing jadi solusi ampuh buat menyegarkan otak biar ngga burnout akibat rutinitas yang kadang menjemukan. Ada yang refreshing dengan olahraga, pergi ke toko buku, minum teh dan biskuit, atau jalan-jalan ke tempat baru.

Berbicara soal jalan-jalan ke tempat baru, saya dulu pernah menyambangi Pulau Bangka untuk jalan-jalan sekalian ikut lomba. Tepatnya tahun 2018, saya ikut lomba karya tulis ilmiah dan wajib mempresentasikan karya di Universitas Bangka Belitung. Sungguh, pengalaman pertama naik pesawat dan perjalanan pertama juga yang saya tempuh tanpa keluarga. Uniknya, dari situ saya belajar banyak hal dan mendapatkan bekal penting soal travelling. Simak beberapa poin berikut ini, ya.



Rencanakan perjalanan dengan matang

Rencana perjalanan (itinerary) sangat penting sebagai panduan perjalanan kalian saat sudah sampai lokasi. Jika tempat yang kalian kunjungi adalah tempat baru, jangan lupa browsing soal tempat wisata di sana yang sesuai budget. Kulik juga kisaran harga makanan dan penginapan di sana.

Saya dulu merasa kurang persiapan matang saat akan ke Bangka. Memang, agenda utama adalah ikut lomba dan tentu sudah diatur jadwalnya oleh panitia. Namun, saya seharusnya membuat itinerary juga selama di sana biar mendapat kenangan maksimal selama di Bangka. Alhasil, saya dulu pernah kesulitan ketika cari penginapan. Syukurlah, saya bertemu perantau dari Jogja yang memiliki beberapa kamar kos di Bangka. Karena sama-sama dari Jogja, saya mudah akrab dengan mereka. Di sana, saya sempat berkunjung ke Pagoda Vihara Puri Tri Agung. Dari puri itu, pemandangan pantai dan sekitarnya terlihat cantik memesona. 



Kalau kalian ingin membuat rencana perjalanan, jangan lupa cari penginapan, transportasi, dan tujuan destinasi wisata dengan tepat. Nah, kalian bisa pakai Aplikasi Traveloka yang dapat diunduh dari PlayStore. Aplikasi ini sangat memudahkan para traveller untuk booking tiket transportasi, penginapan, tiket tempat wisata, hingga layanan perawatan tubuh seperti salon dan klinik kecantikan. Jika ingin lebih praktis, kalian juga bisa booking layanan paket tur yang banyak disediakan oleh para agen di Aplikasi Traveloka. Jadi, rencanakan liburan di Traveloka.  




Hormati budaya setempat

Peribahasa di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung memang berlaku untuk para traveller. Tak ada salahnya untuk saling menghormati perbedaan budaya dan adat kebiasaan dari daerah lain. Saat travelling, tempat yang disambangi bisa jadi memiliki kebiasaan/prinsip nilai berbeda. Dari situ, kepekaan dan rasa toleransi traveller diuji. 



Saya pernah menemui hal unik ini ketika dulu datang di Bangka. Saya menemui perayaan Maulid Nabi Muhammad yang sungguh meriah di daerah Balunijuk (daerah kecil yang ada di Merawang, Bangka) dan sekitarnya. Para warga lokal berkunjung ke setiap rumah untuk saling bercengkerama dan makan bersama. Saya awalnya kaget karena di tempat asal saya (Yogyakarta) tidak ada perayaan serupa. Akhirnya, saya diajak serta oleh pemilik kost untuk berkeliling ke rumah-rumah. Dari sana, saya menemui kehangatan para warga Daerah Balunijuk. Perayaan hari lahir Nabi Muhammad dirayakan dengan penuh cinta serta kasih sayang. Saya sebagai orang luar Bangka pun diterima dengan baik oleh warga sana.  


Baik terhadap sesama 

Tips ini selalu saya pegang sejak saya bertemu dengan pemilik kost di Bangka. Mereka begitu baik dengan mengajak saya keliling untuk merayakan Maulid Nabi. Kemudian, mereka tidak mau saya membayar sewa kamarnya. Alasannya, mereka menganggap saya sebagai anak dan keluarga dari jauh. Tak berhenti sampai di situ, saya diantar ke Bandara Depati Amir dan membawakan oleh-oleh saat akan pulang. Dari situ, saya belajar untuk tak lelah jadi orang baik karena Tuhan pasti akan membalas yang berlipat-lipat di kemudian hari.  



Seorang traveller pasti akan berinteraksi dengan banyak orang selama di perjalanannya. Saat menunggu transportasi, menuju penginapan, dan menuju tempat wisata, traveller dapat mencari ruang untuk menebar kebaikan. Mungkin bisa memberi tempat duduk untuk orang tua/ibu hamil saat di transportasi umum. Bisa juga membeli makanan dari para pedagang asongan yang biasa di terminal/tempat publik lainnya. Hidup sungguh lebih indah jika saling berbuat baik ^^ 


ITINERARY LIBURAN DAN STAYCATION BARENG IBU 

Jika ada rezeki lebih, saya ingin merencanakan liburan dan staycation bersama ibu. Asyik sepertinya bisa menghabiskan waktu liburan bersama ibu. Karena setelah kepergian almarhum ayah, saya belum pernah mengajak ibu liburan berdua. Berhubung Beliau sudah berusia lanjut, saya memiliki rancangan untuk bisa mengajaknya ke tempat wisata yang tidak terlalu jauh, yaitu berwisata di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Berikut ini sekilas itinerary saya dengan ibu yang saya buat dengan memanfaatkan Aplikasi Traveloka.

Hari Pertama

Check-in di Hotel 

Saya ingin mengajak ibu untuk check-in di Hotel Galuh Anandita yang berlokasi di Gondokusuman, Yogyakarta. Berkat informasi di Aplikasi Traveloka, saya jadi tahu review hotel ini dari para pengguna lain di Traveloka. Saya merasa hotel ini sangat nyaman karena menyediakan pilihan kamar dengan fasilitas yang berbeda. Rencananya, saya dan ibu bermalam di hotel ini selama 5 hari. 



Hari Kedua  

Menikmati Tur Wisata ke Kulonprogo, Yogyakarta

Karena ibu saya sudah berusia lanjut, saya merencanakan liburan ke daerah Kulonprogo (salah satu kabupaten di Yogyakarta). Meski masih satu provinsi, saya melihat Kulonprogo memiliki keindahan alam yang memesona. Paket tur wisata satu hari yang saya pilih menawarkan perjalanan ke Tumpeng Menoreh, Kebun Teh Nglinggo, Taman Sungai Mudal, dan Pule Payung. Beberasa destinasi wisata ini sudah tidak diragukan lagi pemandangannya. Saya dan ibu juga menyukai pemandangan alam yang asri dan sejuk. Melalui Aplikasi Traveloka, saya bisa merencanakan paket tur wisata dengan praktis. Karena termasuk private trip, paket ini sudah termasuk akomodasi kendaraan mobil. Di aplikasi ini juga menyajikan jadwal perjalanan dari paket tur sehingga saya dan ibu bisa lebih mudah mengalokasikan waktu. Saya dan ibu tak perlu khawatir untuk berangkat dan pulangnya karena transportasi siap menjemput dan mengantar kami dari penginapan di Yogya.    

  



Hari Ketiga 

Menikmati Tur Wisata ke Dieng, Jawa Tengah

Kalau kemarin tur wisata ke Kulonprogo, di hari keempat saya dan ibu ingin menikmati wisata ke Dieng dengan paket tur di Aplikasi Traveloka. Lagi-lagi saya memilih paket tur karena sudah mencakup transport dengan mobil dan sopir. Paket yang saya pilih yaitu berwisata ke Batu Angkruk, Kebun Teh Tambi, dan Telaga Menjer. Semua detail/jadwal dijelaskan lengkap oleh agen wisatanya. Ini tentu sangat memudahkan saya untuk merencanakan wisata ke beberapa tempat sekaligus. Wisata ini dimulai dari pagi hingga malam hari. Saya dan ibu tak perlu khawatir untuk berangkat dan pulangnya karena transportasi akan menjemput dan mengantar kami ke hotel penginapan kami.  


Hari Keempat

Rilekskan Tubuh ke Jogja Traditional Treatment 

Setelah tur wisata, merilekskan tubuh dengan treatment tradisional Jogja menjadi pilihan saya dengan ibu. Menikmati massage, totok wajah, dan spa adalah langkah terbaik setelah lelah berwisata. Melalui Aplikasi Traveloka, saya dapat mempertimbangkan layanan treatment sesuai kebutuhan. Informasi detail tentang protokol kesehatan, review dari pengguna lain, dan fasilitas di sana membuat saya lebih mudah menentukan tempat dengan nyaman.  


Hari Kelima

Check-out dari Hotel


Yups, itulah itinerary yang saya buat untuk liburan saya dengan ibu. Mengapa saya sengaja memilih daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah, bukan ke luar pulau atau luar negeri sekalian?

 

1. Yogya dan Jawa Tengah punya banyak tempat wisata alam yang memesona

Ya, saya dan ibu memang domisili di Yogya. Sayangnya, belum semua wisata alam di Yogya sudah kami eksplor. Yogya punya banyak tempat wisata unggulan, salah satunya wisata alam. Saya pun merencanakan berwisata ke Kabupaten Kulonprogo karena di sana suasananya sangat sejuk dan asri. Tumpeng Menoreh, Kebun Teh Nglinggo, Taman Sungai Mudal, dan Pule Payung adalah destinasi yang sangat cocok untuk me-refresh pikiran. Pemandangannya juga sangat instagrammable.

Selain Yogya, Jawa Tengah juga tak kalah elok tempat wisatanya. Saya lagi-lagi memutuskan destinasi wisata alam karena Jawa Tengah juga punya tempat wisata alam ikonik yang sudah sangat terkenal, yaitu Dieng. Tak kalah sejuknya dengan di Kulonprogo, di Dieng juga menyuguhkan suasana dingin dan pemandangan hamparan kebun the yang luas. Tak hanya itu, Batu Angkruk juga menyajikan taman buatan indah serta tempat untuk melihat pemandangan Dieng dari bawah. Telaga Menjer juga menyajikan atmosfer ketenangan karena air telaganya yang dingin dan jernih akan memanjakan mata setiap pengunjung.

2. Cocok jadi selingan saat staycation

Pemilihan wisata ke Yogya dan Jawa Tengah karena saya mempertimbangkan tenaga ibu saya juga. Tujuan utama kami yaitu staycation. Jadi, wisata yang dipilih juga tak perlu terlalu jauh dari tempat penginapan. Poin yang ingin saya dapat adalah bisa menikmati waktu bersama ibu di tempat-tempat indah.

Dengan Aplikasi Traveloka, saya bisa membuat itinerary dengan detail. Pilihan tempat wisata, penginapan, dan layanan lainnya juga beragam. Jadi, saya bisa memilih sesuai yang saya dan ibu inginkan.

Lalu, bagaimana dengan rencana liburanmu? Apakah kamu ingin merencanakan perjalanan liburan dalam waktu dekat? Menurut saya, memilih destinasi wisata tidaklah rumit. Yang terpenting, ikuti suara hatimu dan jalani hidup dengan caramu #LifeYourWay. Dengan berbagai kemudahan yang disediakan oleh Aplikasi Traveloka, pastikan kamu membingkai pengalaman liburanmu dengan indah.

 



Post a Comment for "Wisata Alam ke Kulonprogo dan Dieng: Liburan Cara Aku dan Ibu Bareng Traveloka"