Hutan Pinus Pengger: Wisata Alam Jogja ‘tuk Rilekskan Pikiran


Apakah Jogja hanya memiliki pantai sebagai destinasi wisata unggulan? Ternyata tidak, lho. Masih banyak tempat unggulan Jogja yang wajib dieksplor para pelancong, salah satunya hutan pinus.

Hutan pinus yang ada di Jogja juga beragam. Ada beberapa hutan pinus yang bisa kalian sambangi, contohnya hutan pinus pengger. Hutan ini berlokasi di Dlingo, Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta. Kira-kira, apa spesialnya hutan pinus pengger dibanding tempat wisata lain?

Suasana Asri, Segar, dan Tenang

Tempat ini cocok untuk pelancong yang ingin merilekskan pikiran dari penatnya aktivitas sehari-hari. Suasananya tenang dan sejuk, mata pun akan dimanjakan oleh pemandangan hijau-hijau yang alami.

Harga tiket murah dan parkir luas

Tiket masuk ke hutan ini hanya Rp5.000. Cukup murah, bukan? Kalau kalian naik motor, mobil, atau bus pariwisata, tak perlu khawatir. Tempat parkir yang disediakan sangat luas dan aman karena dijaga oleh beberapa tukang parkir. Soal harga karcis parkir? Tenang, tidak mahal. Untuk parkir mobil hanya Rp5.000. Jadi, untuk jenis kendaraan lain paling tidak jauh dari itu.

Banyak tersedia spot foto

Namanya juga hutan, spot yang tersedia tentunya bernuansa alam, outdoor, dan sejuk. Pepohonan pinus yang tumbuh di hutan ini sangatlah banyak dan cukup tinggi sehingga menyajikan pesonanya sendiri. Ada juga ayunan yang diikat ke pohon, kursi-kursi taman, dan spot unik yang disusun dari akar pohon.

Ada juga tempat makan, toilet, tempat ibadah, dan tempat cuci tangan

Fasilitas umum di hutan pinus pengger juga tersedia dan terjaga kebersihannya. Tempat makan di sana menyediakan berbagai menu makanan dan minuman, seperti nasi goreng, nasi ayam, mie rebus/goreng, es kelapa muda, es jeruk, dan banyak lagi. Harga yang ditawarkan juga relatif sama dengan harga di tempat wisata pada umumnya. Di sana juga tersedia tempat ibadah bagi yang muslim. Namun, saya sarankan pengunjung tetap bawa mukena/alat ibadah sendiri biar tidak antre terlalu lama.

Itulah beberapa keistimewaan hutan pinus pengger dibanding tempat wisata lainnya. Akses ke lokasi juga terbilang mudah. Jika kalian datang dari arah Kota Jogja, kalian dapat menggunakan kendaraan roda empat bahkan bus. Kondisi jalanan juga sangat aman dan cukup baik, meski tidak semuanya beraspal. Jadi, kapan kalian rencanakan liburan ke hutan pinus?

Post a Comment

0 Comments