Alasan Blogger Perlu Beli Domain



Kira-kira, gimana kesan Teman-teman saat tahu sebuah blog punya domain (dot) com, (dot) id, dan sejenisnya? Bagi yang punya blog dengan alamat yang masih ada akhiran “blogspot” atau “wordpress” biasanya akan mengira kalau beli domain itu pasti mahal. Memangnya berapa sih biaya untuk beli domain?

Sebagai disclaimer, tulisan ini bukan semata-mata untuk promosi agar Teman-teman beli domain. Tulisan ini berisi pengalaman saya yang awal tahun 2022 beli domain dan cukup merasakan manfaatnya hingga kini.

Mengapa Perlu Beli Domain?

Singkatnya, saya mengartikan kalau beli domain berarti berniat untuk “memendekkan alamat blog”. Dulu, alamat blog saya ialah write-sign-love.blogspot.com. Kemudian, saya berniat untuk beli domain (dot) com biar alamat blog saya bisa lebih pendek. Sekalian, saya ingin mengubahnya dengan nama saya sendiri. Jadi, yang awalnya write-sign-love.blogspot.com, sekarang berubah ke anissafitri.com. Poin-poin berikut ini yang jadi alasan saya akhirnya beli domain.

1.      Ingin terlihat agar lebih profesional

Alasan ini terlalu klise sebenarnya, tapi saya pun meyakininya. Bagi saya, sebagai pembaca artikel blog, saya akan lihat blog yang berdomain (dot) com, dan sejenisnya seperti lebih profesional dibanding yang masih ada akhiran blogspot/wordpress.

2.      Branding diri

Saya lihat ada beberapa orang yang berprofesi sebagai penulis dan pendidik yang punya blog pribadi dan beli domain. Dari situ, saya lihat fungsi blog memang bisa untuk branding diri. Entah apapun profesi/identitas yang melekat, blog bisa berguna untuk branding diri, apalagi jika beli domain. Ada korelasinya dengan poin pertama, blog jadi terlihat lebih profesional sehingga bisa buat branding diri hehe.

3.      Memudahkan saat mau ikut lomba blog

Pengalaman ini saya rasakan saat ikut lomba blog beberapa waktu lalu. Di situ disebutkan kalau blog harus TLD. Ternyata, TLD ialah singkatan dari Top Level Domain. Singkatnya, TDL merupakan salah satu komponen yang digunakan di sebuah URL website. Akhiran (dot) com, (dot) co (dot) id, (dot) org, dan sejenisnya merupakan bagian dari TLD.

Meski begitu, ada juga lomba blog yang syaratnya tidak mewajibkan blognya TLD. Maksudnya, blogger bisa juga mengunggah tulisannya ke blog yang masih berakhiran blogspot/wordpress atau ke portal-portal citizen, seperti Kompasiana, dll. Semua kembali pada pertimbangan masing-masing.  

Berapa Biaya Beli Domain?

Jadi, sebelum beli, saya searching dulu soal perbedaan dari domain (dot) com, (dot) co (dot) id, dan sejenisnya. Setelah mempertimbangkan beberapa hal, saya akhirnya memutuskan beli domain (dot) com. Lebih tepatnya mungkin berlangganan ya karena masa pakai domain satu tahun.

Saya memilih Niagahoster sebagai tempat beli domain. Saya memutuskan untuk berlangganan satu tahun. Biaya yang saya keluarkan saat itu tidak sampai Rp150.000. Pastinya saya agak lupa hehe, yang jelas tidak lebih dari Rp150.000. Jika dihitung-hitung, biaya langganan per bulan tidak lebih dari Rp12.500. Oiya, biaya langganan untuk domain yang lain tentu berbeda-beda. Saya memilih domain yang harganya berada di level tengah-tengah.  

Proses pesan di Niagahoster dilakukan secara full online. Pesan melalui website resminya, lalu pembayaran saya lakukan melalui OVO (ada beberapa pilihan metode yang disediakan). Proses pemasangan domain juga dituntun oleh customer service dan tutorial yang ada di website tersebut. Sebagai blogger pemula, saya sempat sedikit kebingungan. Syukurlah, customer service-nya cukup sabar menjawab pertanyaan saya.

Beli Domain sebagai Pemacu Semangat Nulis

Karena ada biaya yang harus dikeluarkan, saya makin terpacu untuk semangat nulis. Jadi, jika Teman-teman berniat beli domain, pastikan blognya tetap diisi dengan tulisan dan konten lainnya. Oiya, biar makin seru, blogger yang sudah beli domain bisa coba-coba ikut lomba blog. Selain mengasah kemampuan menulis, blogger bisa berkesempatan menang dan dapat hadiah. Lumayan kan, biar balik modal dari biaya yang dikeluarkan untuk langganan domain hehe. Btw, ada banyak cara menghasilkan uang lewat blog. Teman-teman bisa eksplor sendiri ya di internet. Kita sama-sama belajar ><  

Semoga artikel ini bermanfaat.

Terakhir, bagi kalian yang ingin punya blog/sudah punya dan berniat beli domain, semangat mencoba!

Post a Comment

0 Comments