PDKT dengan Beasiswa Magister UNY



Di musim banyak pembukaan beasiswa ini, Teman-teman pasti banyak cari informasi mengenai syarat yang harus dipenuhi dan timeline yang berlaku. Ada banyak program beasiswa yang bisa Teman-teman “lamar”, baik dari pemerintah Indonesia atau pihak swasta. Di sini, saya ingin berbagi syarat untuk mendapatkan Beasiswa Magister UNY, sebuah beasiswa yang bisa kalian coba jika merupakan alumnus S-1 UNY. Informasi ini saya dapatkan dari edaran resmi yang dibagikan oleh Fakultas Bahasa dan Seni UNY dan berdasarkan pengalaman saya yang pernah mendaftar.

1.     Mengajukan permohonan beasiswa kepada dekan fakultas.

2.     Termasuk alumnus S-1 UNY Cumlaude

3.     Berstatus aktif sebagai mahasiswa Program Magister UNY

4. Mahasiswa aktif di bidang akademik dan nonakademik dengan melampirkan bukti prestasi mahasiswa (sertifikat kegiatan, sertifikat kejuaraan, dll)

5.     Bersedia menandatangani kontrak bersedia membantu kegiatan Program Studi.

Beasiswa ini seperti sebuah peluang bagi alumnus S-1 UNY. Saingannya nanti tentu juga para alumnus S-1. Ini tentu berbeda dengan LPDP, BPI, BU yang taraf seleksinya tingkat nasional. Jadi, para alumnus S-1 UNY bisa memanfaatkan kesempatan ini.

Lalu, bagaimana untuk prestasi di bidang akademik dan nonakademik? Apakah ada minimal tingkat nasional/internasional? Menurut pengalaman saya, tidak dibatasi harus tingkat nasional/internasional. Semua prestasi yang dimiliki bisa kalian lampirkan. Jangan lupa juga lampirkan sertifikat keaktifan kegiatan, seperti pernah ikut UKM/BEM, pernah jadi panitia kegiatan, pernah ikut pelatihan, pernah jadi relawan. Pokoknya semua dimasukkan saja.

Terkait penandatangan kontrak siap membantu kegiatan prodi, apakah menjadi beban berat? Kalau ini, saya belum bisa memberikan gambaran. Namun, biasanya tiap program studi sering mengadakan persiapan akreditasi. Nah, di situ mungkin mahasiswa awardee akan diberdayakan. Atau pada kegiatan pelatihan dan sosialisasi, bisa jadi memerlukan bantuan mahasiswa awardee.

Ada hal yang menurut saya perlu diperhatikan oleh calon pendaftar beasiswa ini, yaitu kecekatan mendapatkan informasi dan mempersiapkan persyaratannya. Menurut saya, sosialisasi beasiswa ini kurang digencarkan di kalangan mahasiswa S-1 UNY. Jadi, banyak mahasiswa yang baru tahu ada beasiswa Magister khusus alumnus S-1 UNY. Lalu, tentang persiapan persyaratannya. Pada tahun 2021 lalu, beasiswa ini punya timeline pembukaan yang sangat mepet, hanya beberapa hari saja. Sebagai mahasiswa, kita tentu harus mempersiapkan berkas-berkasnya. Karena masih pandemi Covid-19, saya kemarin mengumpulkan dalam bentuk dokumen scan dan file pdf yang diunggah ke link google drive.

Terakhir, terkait besaran beasiswa yang diberikan. Berdasarkan informasi untuk beasiswa mahasiswa magister 2021, besaran beasiswa ini setara dengan UKT program magister 3 semester. Beasiswa Magister UNY juga tidak mencakup pembiayaan biaya hidup, biaya buku, biaya publikasi artikel.

Demikian informasi tentang Beasiswa Magister UNY. Setelah PDKT, jangan lupa daftar segera kalau sudah pembukaan, ya!

Kalau ada hal lain yang belum dijelaskan di sini, silakan Teman-teman bisa mengirimkan pertanyaan ke email saya (irtifassina@gmail.com) atau Instagram @irtifassina. Informasi ini ditulis untuk memberikan gambaran bagi alumnus S-1 UNY yang ingin melanjutkan kuliah magister di UNY juga. Karena lebih cepat mendapat informasi, tentu peluang persiapannya bisa lebih dini. Semoga bermanfaat, ya.


Sumber gambar: pixabay.com 

Post a Comment

0 Comments