Rasakan 3 Keuntungan Ini Berkat Jadi Asisten Dosen


Halo, Teman-teman!

Bagaimana kabarnya? Semoga sehat dan bahagia, ya.

Bagi Teman-teman yang belum tahu, saya sudah pernah menulis Tips Ampuh Jadi Asisten Dosen (silakan baca jika ingin menambah referensi tentang tips jadi dosen). Kali ini, saya akan berbagi keuntungan atau manfaat apa saja yang dirasakan ketika menjadi asisten dosen. Perlu diketahui, saya mengartikan asisten dosen sebagai sebuah pekerjaan/status ketika mahasiswa membantu kegiatan dosen, entah itu penelitian, pengabdian masyarakat, atau proyek lainnya. Jadi, mahasiswa bisa saja menjadi asisten dosen ketika dosen tersebut membutuhkannya di suatu waktu (kita jadi freelancer). Lalu, apa saja keuntungan jadi asisten dosen? Simak 3 poin berikut ini.

1.     Dapat pengalaman yang tidak bisa didapat di bangku kuliah

Keuntungan pertama yaitu mendapatkan banyak pengalaman. Sudah pasti, mahasiswa yang menjadi asisten dosen akan menemukan hal-hal baru yang tidak ditemukan ketika kuliah di kelas. Mungkin untuk pertama kalinya, seorang asisten dosen pemula akan mengalami kebingungan. Tapi percayalah, kebingungan itu hanya sebentar. Proses adaptasi wajar terjadi. Setelah itu, mahasiswa akan merasakan banyak pengalaman yang amat berguna.

2.     Dapat uang saku yang lumayan

Paling asyik ketika jerih payah kita bisa dihargai orang lain. Sebagai mahasiswa, kita mungkin sudah senang ketika diberi kesempatan mengerjakan proyek tertentu. Tapi, lebih lengkap kebahagiaan kita jika ada insentif tambahan sebagai bentuk apresiasi ke kita hehe. Biasanya, dosen memiliki proyek dari Dikti/sebuah kementerian lain dan memeroleh dana hibah. Ketika dosen tersebut meminta bantuan mahasiswa, dosen akan memberikan sejumlah uang sebagai bentuk apresiasi. Berapa besaran uangnya? Tergantung. Tergantung seberapa lama asisten dosen lemburan mengerjakan suatu proyek. Saya pernah mengerjakan proyek sebuah modul hingga dini hari hingga saya tertidur dalam posisi duduk di depan laptop. Sungguh nikmat hehe. Alhamdulillah, dosen mengapresiasinya dengan memberikan uang saku yang menurut saya cukup besar. Maklum, mahasiswa hehe…

3.     Membuka jalinan baik dengan dosen

Keuntungan ini juga saya sebutkan pada tulisan saya Tips Jadi Asisten Dosen. Menjalin silaturahim memang bisa jadi jalan rezeki dan semoga juga memperpanjang umur. Jalinan relasi yang baik dengan dosen bisa membuat kita diajak suatu proyek. Saat menjadi asisten dosen, kita makin lebih baik menjalin relasi dengan dosen. Jadi, tak ada ruginya menjalin silaturahim dengan siapapun. InsyaAllah, hal itu akan membuka jalan lain yang barangkali kita butuhkan suatu hari nanti.

Demikian 3 keuntungan sebagai asisten dosen. Walaupun harus lembur, kita pasti akan menemukan banyak pengalaman yang tidak mesti ada di tempat lain. Yang tak kalah penting juga, uang saku jadi nambah hehe.

Terima kasih sudah menyimak tulisan ini sampai akhir. Sampai jumpa di tulisan berikutnya!


Sumber: pixabay.com 

Post a Comment

0 Comments