Kirim Botol Kosong Skincare dan Dapatkan Hadiahnya!



Biasanya, kalian buang ke mana botol-botol skincare yang sudah habis? Ke tempat sampah, kah?

Nah, saya ingin berbagi cerita dan pengalaman kemarin saat mengikuti program #PakaiSampaiHabis dan recycling botol skincare yang diadakan oleh @lyfewithless bekerja sama dengan zero waste Indonesia dan beberapa partner lainnya.  

Awalnya, saya baru-baru ini mengikuti akun IG @lyfewithless. Lalu, ada unggahan program recycling botol dan kemasan skincare kosong. Programnya menganjurkan kita untuk mengirim limbah botol skincare ke bank sampah (ada banyak pilihan bank sampah yang tersebar di beberapa kota di Indonesia).

Uniknya, program ini menggaet beberapa brand produk kecantikan. Nantinya, pengirim yang mengirimkan botol skincare (dengan merek yang menjadi brand partner program ini), brand partner tersebut akan memberikan apresiasi berupa voucher diskon sekian persen yang akan dikirim melalui email. Bahkan, program ini menjalin kerja sama dengan salah satu jasa ekspedisi di Indonesia. Jika kita memakai jasa ekspedisi itu, akan ada potongan biaya ongkir sekian persen.

Kalau kemarin, saya kirim paket dengan jasa ekspedisi Pos Indonesia. Saya bungkus botol-botol kosong dengan kardus berkas saja dan dilakban. Lalu, dikirim ke bank sampah yang terdekat dengan domisili (saya memilih Bank Sampah di Sukoharjo). Karena masih di bawah 1 kg, biaya ongkos kirim dengan Pos Indonesia tidak sampai Rp10.000. 

Tahu tidak, program ini menjadi sangat menarik berkat reward yang akan didapat oleh pengirim. Saya sendiri baru pertama kali mengikuti program ini. Kebetulan juga, saya suka mengumpulkan botol-botol serum, moisturizer, dll. Secara umum, program ini menerima limbah dari semua merek produk kecantikan, kok. Jadi, kirim saja saat ada limbah skincare yang tak digunakan lagi.

Setahuku, program dari @lyfewithless ini diadakan setiap tahun. Jadi, memang tidak hadir setiap bulannya. Oleh karena itu, kita bisa coba kumpulin botol-botol skincare-nya. Baru, kita kirimkan saat program ini dibuka. Dengan mengikuti program ini, kita bisa lebih tahu ke mana arahnya pemrosesan limbah skincare kita. Melalui program ini, paling tidak limbah yang dikirimkan akan diproses dengan tepat dan bertanggung jawab.

Jika Teman-teman ada yang tertarik untuk ikut program ini atau kepoin tentang dunia daur ulang dan minimalis, sila kepoin IG @lyfewithless. 

Baca juga Seberapa Penting Bertanggung Jawab dengan Apa yang Kita Miliki? 

Sampai jumpa di tulisan berikutnyaa...


Post a Comment

0 Comments