Ingin Kuliah S-2 Gratis? Kepoin 3 Beasiswa dari Pemerintah Indonesia Ini!


Halo, Teman-teman!
Kali ini, saya ingin berbagi informasi mengenai beberapa beasiswa S-2 dari pemerintah Indonesia yang bisa dicoba. Oiya, out of topic sebentar, ya. Kalau Teman-teman ada yang ingin jadi asisten dosen/ingin punya proyek bareng dosen, boleh banget baca artikel Tips Jadi Asisten Dosen dan Keuntungan Jadi Asisten Dosen. Tanpa berlama-lama, silakan simak 4 beasiswa dari pemerintah Indonesia yang bisa kalian coba.

1. Beasiswa LPDP

Beasiswa ini tentu tak asing di telinga tiap mahasiswa. Menurut laman resminya, LPDP memiliki visi menjadi lembaga pengelola dana bertaraf internasional guna menyiapkan SDM Indonesia yang berdaya saing global serta mendorong inovasi bagi Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan berkeadilan. Proses Seleksi akan dilakukan dengan menyesuaikan kebijakan pemerintah terkait pandemi Covid-19. Proses seleksi dapat dilakukan secara daring atau luring, atau gabungan daring dan luring (hybrid) menyesuaikan kebijakan pemerintah tersebut.

Beasiswa ini cocok untuk kalian yang ingin melanjutkan kuliah S-2 di dalam negeri atau di luar negeri. Pembiayaan yang diberikan juga cukup lengkap, seperti biaya kuliah, biaya hidup, biaya kebutuhan studi, dsb. Informasi lengkap terkait beasiswa ini bisa kalian dapatkan pada laman resmi LPDP lpdp.kemenkeu.go.id.

2. Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)

Beasiswa ini merupakan jenis beasiswa baru yang dikelola oleh LPDP. Berdasarkan laman resminya, beasiswa ini memiliki dua tujuan. Pertama, Beasiswa Pendidikan Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi sumber daya manusia Indonesia yang mendukung percepatan pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kedua, mengoptimalkan pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) yang ada di LPDP melalui pemberian beasiswa bergelar (degree) untuk jenjang pendidikan S1, S2 dan S3, dan non-gelar (non-degree) bagi Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan di perguruan tinggi terbaik di dalam negeri atau di luar negeri. Beasiswa ini memiliki banyak turunannya, ada yang untuk S-1, S-2, dan S-3. Teman-teman bisa langsung mencari informasi lengkap di laman resmi BPI beasiswa.kemdikbud.go.id.

3. Beasiswa Unggulan (BU)

Beasiswa ini juga tak kalah menarik untuk dicoba. Beasiswa Unggulan memiliki beberapa kategori, seperti untuk masyarakat berprestasi, pegawai Kemdikbudristek, dan penyandang disabilitas. Beasiswa ini diperuntukkan untuk kalian yang ingin studi lanjut di dalam negeri. Sama seperti beasiswa lainnya, BU memberi pembiayaan kuliah, biaya hidup, biaya buku-buku, dsb.

Bonus bagi alumni S-1 UNY

4.     Beasiswa UNY

Untuk kalian mahasiswa S-1 UNY, kalian bisa mencoba beasiswa UNY untuk mendaftar S-2 atau S-3 di UNY. Beasiswa ini memang diperuntukkan untuk alumni UNY yang lanjut kuliah di UNY. Pembiayaan yang diberikan cukup berbeda di tiap fakultas. Namun, mayoritas fakultas akan memberikan awardee pembebasan SPP 100% atau 50% selama 3 atau 4 semester. Besaran ini tergantung kebijakan fakultas masing-masing. Untuk mendaftar beasiswa ini, kalian perlu menjadi mahasiswa S-2/S-3 dahulu, baru boleh mendaftar. Biasanya, beasiswa ini dibuka di akhir semester ganjil. Silakan tanya-tanya ke kakak tingkat di S-2/S-3 UNY atau kaprodi S-2/S-3 untuk informasi lebih lanjut.

Sumber gambar: pixabay.com

Post a Comment

0 Comments